Related Posts with Thumbnails

Sunday, December 6, 2009

Band Padi Tidak Memaksakan Diri Buat Album

Band Padi faforit album baru musik vokalis band
Biasanya rutin tiap dua tahun sekali Padi merilis album. Kali ini album ke-6 mereka sedikit molor. Padi mengaku ogah dipaksa-paksa untuk menggarap sebuah album.

"Kita nggak ada yang dipaksakan, mengalir aja. Kecuali ada yang memaksa kita menyelesaikan album dalam satu tahun dan kita dibayar Rp 1 miliar itu beda ceritanya,"ujar Piyu sang gitaris ditemui baru-baru ini.

Saat penggarapan album mereka telah mencapai 90 persen. Mereka memasang target untuk merilis single pertama di tahun ini. Kemudian tiga bulan mendatang album baru menyusul.

Album terakhir Padi, 'Tak Hanya Diam' dirilis di 2007. Mereka melakukan promosi yang sangat optimal. Hampir semua lagu di album tersebut jadi single. Sebut saja 'Sang Penghibur', 'Harmony', Jangan Datang Malam ini' dan banyak lagi.

Padi Band faforit lagu album baru wallpaper free

Tak ingin mengada-ada juga dalam mengarang lagu. Tema besar album terbaru mereka nantinya masih akan berbicara soal cinta.

"Temanya tetap cinta karena itu bagian dari peradaban. Sebelum kita melangkah, sebelum menjalani hidup, energi cinta selalu bisa berubah-ubah dan itu bisa membuat kita hidup, jatuh dan sebagainya," tutur sang vokalis, Fadly.

Riwayat Band "Padi"

PADI, sebelumnya hanyalah salah satu band kampus yang ada Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Beranggotakan Andi Fadly Arifuddin (Fadly, Vokalis), Satriyo Yudhi Wahono (Piyu, Gitar), Ari Tri Sosianto (Ari, Gitar), Rindra Risyanto Noor (Rindra, Bass), dan Surendro Prasetyo (Yoyok, Drum).

Sebelum bernama PADI, band ini dulu bernama SODA. Mereka tampil pertama kali di sebuah acara kampus di Fakultas Hukum Unair Oktober 1996. Barulah pada tanggal 8 April 1997 mereka mengganti nama band-nya dengan nama PADI. Nama ini dilontarkan pertama kali oleh Yoyok, sang drummer. Selain karena filosofinya semakin berisi semakin merunduk, ibarat makanan pokok mereka menginginkan band ini bisa dinikmati oleh semua orang. Mulai dari tukang becak, anak kecil, hingga para eskesuktif berdasi. Meski nama PADI sering dianggap "kampungan", karena dianggap makanan orang susah. Tapi PADI punya makna sangat membumi, di mata mereka PADI juga merupakan lambang kesejahteraan.

Latar belakang personil sangat beragam, mereka tidak begitu saja bertemu dan langsung membentuk sebuah band. Pertama kali Piyu dan Ari yang sepakat untuk membikin sebuah band. Untuk bassis, Ari mengajak temannya Rindra karena dulu pernah tergabung dalam satu band yang bernama WARNA. Baru setelah itu ditemukan sang vokalis-Fadly dan drummer-Yoyok. Fadly, yang pertama kagum akan permainan gitar Ari ketika manggung dalam salah satu pementasan di kampusnya, pada awalnya menawarkan Fadly diri kepada Ari untuk bergabung di band-nya jika memerlukan seorang bassis (sejak SMA, Fadly adalah seorang bassis).

Untuk skill personil, sudah jangan diragukan lagi. Piyu, yang sebelumnya bermain di band yang memainkan lagu-lagu beraliran keras bersama Crystal Band, dulu pernah menjadi teknisi gitar di sebuah band ternama di Indonesia. Rajin ngulik gitar dari SMA, dan kepiawaiannya dalam menciptakan lirik tidak banyak diragukan lagi. Banyak lagu-lagu hits-nya PADI di kemudian hari yang terlahir. Begitupun dengan Rindra, pernah dalam satu tahun menyabet gelar bassis terbaik di tahun 1992. Lain lagi dengan Yoyok, siapa sih yang tidak kenal jebolan Andromeda band yang pernah meraih gelar drummer terbaik se- Indonesia pada tahun 1998.

Sebelum terbentuk menjadi band solid seperti sekarang ini, mereka adalah band yang merangkak dari bawah, jatuh bangun dan pernah merasakan beberapa kali ditolak oleh perusahaan-perusahaan rekaman besar. Penolakan itu tidak membuat mereka putus asa, malah memicu untuk sering membuat demo dan mengantarkannya sendiri dari Jakarta ke Surabaya. Pernah merasakan tidur di sambungan kereta api karena kehabisan tiket, dan juga pernah merasakan makan nasi basi karena sewaktu beli nasi bungkus di kereta ternyata dapatnya yang sudah basi, tapi karena sudah kelaparan akhirnya di makan bagian nasi yang belum basi.

Pernah dalam suatu kesempatan Piyu berkomentar "pemain band itu harus hidup penuh penderitaan dulu sebelum terkenal. Hidup menderita itu bisa melatih kita untuk punya jiwa survive dan akhirnya bisa eksis di dunia kita sendiri."

Related Posts by Categories



No comments:

Post a Comment